Ads 728x90px


Tips Mengenalkan Kegiatan Kreatif Pada Si Kecil

Memancing kreatifitas anak tak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba:
1. Mencari Macam-Macam Kegunaan Benda.
Siapkan sebuah benda, misalnya pensil. Lalu tanyakan kepada si kecil apa kira-kira kegunaan pensil itu. Ia bisa saja menjawab, selain untuk menulis, pensil juga digunakan untuk tusuk konde, misalnya. Biarkan ia melontarkan berbagai jawaban sesuka hatinya dan jangan mengkritik jawabannya.
2. Menggambar dan Mewarnai.
Berikan selembar kertas dan pensil berwarna kepada si kecil. Ia bisa menggambar apa saja yang ia inginkan. Jika apa yang ia gambar tak sesuai dengan dunia nyata, biarkan saja.
3. Permainan Melanjutkan Cerita.
Anda bisa memulainya dengan menyebutkan satu kalimat. Misalnya, pada suatu hari, Adi pergi ke pasar….Anda berdua bisa melanjutkan cerita itu secara bergantian.
4. Benda Ciptaanku.
Siapkan kaleng bekas, kancing, botol plastik dan beberapa gulung tali rafia dan barang-barang lain yang sudah tidak terpakai. Ajaklah si kecil menggunakan benda-benda tersebut untuk dijadikan mainan atau apapun yang ingin ia buat.
5. Berbelanja di Pasar Swalayan.
Saat berbelanja di pasar swalayan, suruhlah si kecil mengamati barang-barang yang ada di sana. Lalu, tanyakan kepadanya mengapa barang-barang itu harus dikemas sedemikian rupa atau pertanyaan-pertanyaan lainya yang anda buat sendiri.
6. Mencari Jalan Keluar Masalah.
Anda bisa meminta si kecil mencari jalan keluar suatu masalah. Misalnya, “apa yang lakukan misalnya kamu terpisah dengan ibu dan bapak, saat berada di mal?”
7. Permainan Kata.
Tuliskan satu buah huruf di selembar kertas, lalu mintalah si kecil mencari kata yang dimulai dengan huruf tersebut sebanyak-banyaknya.
8. Mari Menari.
Perdengarkanlah lagu anak-anak untuk si kecil. Lalu ajaklah ia menari bersama-sama. Biarkan ia bebas bergerak sesuka hatinya.

0 komentar:

Posting Komentar